Kamis, 08 Januari 2009

Unbreakable LitKim!!

[Mei 08]

Masih cerita di semester 6,,

Hmm, my ‘favourite’ lecture.. Kuliah favorit nia nih, 2 sks tapi berasa puluhan sks bwat nia..
Termasuk salah satu ‘adventure’ kuliah nia karena nia kena ‘jackpot’ di kuliah ini untuk ngerjain semua tugas 2 kali lipat!! Gara2nya nia sakit campak dan gak masuk kuliah dia. Skali doank! Nia padahal dah datang pagi2 n minta izin baek2, eh, gak dibolehin, malah nia dapet hukuman tugas nia jadi berkembang biak dua kali lipat!.. Pas nia beritikad baek untuk masuk, malah disuruh pulang coz takut nularin yang laen.. Hwaaaa… BETE!

Nah, nah, kalo dipaparin, tugas yang nia kerjain tuh nyari 2 MSDS (Oke lah!); Nyari 2 situs free full text (Ok, Ok, masih nia terima!); Nyari 20 jurnal yang gak boleh sama (Nia mulai menjerit!); Bikin 20 executive summary (means, 20 terjemahan! Nia terdzalimi!); Nyari 50 abstrak yang gak boleh sama (Nia makin yakin pendidikan kapitalis tuh gak beres!); puncaknya bikin 70 endnotes!! Berarti ya, nia musti nerjemahin 70 abstrak, masukin 70 data2 jurnal, bersamaan ama setumpuk ujian dan tugas2 lain.. dan tau gak itu bikin otak nia kram! Hoo, lebay.. (Waktu itu nia bersumpah nia yakin kalo kapitalis itu penjahat!!!). Dan itu semua hanya untuk kuliah DUA SKS!!!!!!!!!! Hanya 1/12 dari SKS yang nia ambil!

Yang bikin BETE lagi, insiden di akhir kuliah antara nia ma dosennya di tengah kelas! Ya Allah, Nia terdzalimi disitu! Nia terdzalimi! Astaghfirullah.. Nia mungkin bodoh tapi nia jujur! Kalo nia salah, nia pasti minta maaf, tapi nia sama skali gak mau ngakuin sesuatu yang nia gak pernah lakuin! Hanya demi ‘A’! Ya Allah, sakit banget rasanya!


Tapi bener juga, nia inget waktu di awal kuliah, sang dosen bilang kalo kuliah litkim ini bakalan nyeleksi teman-teman yang bener2 ‘teman’ dan yang bukan..

Nia ngerasain itu kok.. Ada yang peduli ada yang gak peduli, ada yang simpati ada juga yang sekedar basa-basi.. Tapi.., temen sekelompok nia baek banget.. Feel what I feel, walopun nia gak tega minta bantuan ke mereka karena nia tau mereka juga punya job yang gak sedikit. Yang paling mengharukan pas ketua kelompok nia ‘menggugat’ sang Dosen untuk kasus nia,, di kelas dia belain nia.. Hwaaaa…, thx Wi,, nia terharu lhooo!! ^^

But, terlepas dari semuanya, nia belajar banyak sekali dari kejadian itu.. My unforgettable litkim, nunjukin banget hal-hal yang selama ini hanya jadi sebatas ‘teori’ buat nia.. Mulai dari orientasi ‘hasil’ yang kerasa banget, sikut-sikutan antar temen, unforgivable mistake, bad punishment, sampe hukum rimba yang orientasinya profit (dalam hal ini nilai) bukan pemahaman, apalagi ibadah.. Hm, nia pernah denger dosen bilang kalo kuliah ini semacam latihan dan miniature dari ‘d real world’,, tapi nia gak setuju ah!

Kenapa kita malah diajarkan dengan yang namanya hukum rimba? Bukan dituntut untuk memerangi itu, tetapi malah dibiasakan untuk menjalani itu semua..

Ckck.. ada yang salah nih ama orientasi pendidikan kita..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar